"Dalam Hidup Santai Hampir Tidak Ada"

Friday, April 3, 2020

Cara Kerja Turbin untuk Menghasilkan Energi Listrik dari Gelombang Laut


Pada prinsipnya, gelombang laut memiliki energi mekanik. Energi yang terdiri dari 2 komponen, yaitu energi potensial dan energi kinetik. Energi potensial erat kaitannya dengan ketinggian gelombang sedangkan, energi kinetik erat kaitannya dengan kecepatan suatu gelombang. Dengan menggunakan hukum kekekalan energi, energi potensial dan kinetik dari gelombang dikonversi sehingga menghasilkan energi listrik.

Turbin adalah alat pertama yang langsung terkena dengan gelombang laut itu sendiri. Turbin menerima energi mekanik yang dialirkan fluida. Kemudian, turbin akan berputar dan menghasilkan energi rotasi.  Kemudian, energi rotasi pada turbin terhubung dengan generator.

Di dalam generator terdapat kumparan magnet. Ketika generator ikut berputar terpengaruh energi rotasi turbin, maka saat itu kumparan magnet akan menghasilkan fluks magnet sehingga timbul arus listrik AC. Kemudian, arus listrik tersebut ditransmisikan melalui jalur transmisi untuk dialirkan ke transformator step down dan kemudian baru didistribusikan ke masyarakat. Dengan menggunakan sampel gelombang laut selatan, didapatkan hasil sebagai berikut :

a.      Potensi energi gelombang laut minimum adalah 48898,35 joule

b.     Potensi energi gelombang laut maksimum adalah 3129494 joule

c.      Daya minimum yang diperoleh adalah 30753,68 watt

d.     Daya maksimum yang diperoleh adalah 1968235 watt

e.      Daya rata-rata yang diperoleh adalah 999494,34 watt
Data diambil dari jurnal Siti Rahma Utami, Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

No comments: